Blogger news

Kamis, 24 November 2011

Kampung Halaman Qu...

        
Daerah­_Qu Lembur Balong


     Daerah yang sudah samar-samar diselimuti oleh orang-orang yang baru dan tiada Qu kenal.heu…..!!!seperti Marahari yang sedang menundurkan diri,pelan-pelan dan hati-hati.

Lembur Balong terletak di Desa Pataruman Kec. Pataruman tepatnya di Kota Banjar,Jawa Barat.Lokasi Lembur Balong sangat strategis dan mudah di ingat orang,dari namanya juga sudah tidak aneh “LEMBUR BALONG” gitu……!!!.Kata masyarakat setempat dinamakan Lembur Balong.karena terdiri dari 2 kata yaitu Lembur & Balong yang berarti tempat atau wilayah yang dipenuhi dengan kolam-kolam empang yang memproduksi macam-macam ikan.

Wilayah ini,dahulunya sebuah kampung yang berjajarkan pepohonan jati dan berubah menjadi berjajarkan kolam empang yang digunakan untuk mencari penghasilan seperti pembiakkan ikan,pemiliharan ikan dan pemproduksian ikan yang bertujuan mebuatamenuhi kebutuhan pokok.
Tempat yang menarik diataranya gunung asem yang berada ditengah pemakaman Wakaf bapak Solihin GP. 
Gunung Asem I



Yang dipenuhi dengan pohon-pohon asem dan anehnya pohon asem tesebut dapat dilihat dari kejauhan.Gunung batu,tempat ini sering dijadikan tempat rekreasi .Gunung batu ini menyimpan sejarah yang patut kita ketahui yaitu ada batu presasti yang berbentuk kepala dinosaurus.


Prasasti Kepala Dinosaurus
Kemudian di Lembur Balong juga terdapat potensi sumber daya alam & buatan yang di manfaatkan dalam dunia usaha

1,Kolam Empang



Kolam Ikan
          Merupakan kata kunci dari penempatan nama Lembur balong.Kolam di manfaatkan untuk pembiakkan,pemiliharaan,dan pemprodukdian ikan. Dan jumlah kolam di Lembur balong sekitar kurang lebih 89 kolam. Dengan pemiliknya yang saya ketahui seperti H.Maman, H.Engkus , H.Dadang dan sebagainya.





2.Kebun Pohon Rambutan


Kebun Rambutan

Terletak diatas puncak gunung batu dekat perbatasan Cikabu dan Pangadegan,untuk melihatnya kita bisa  mendaki ke lereng gunung batu tersebut. Dengan luas wilayah ini 3 ha. Ada tradisi yang sangat unik dikampungku, yaitu kalau pohon rambutan sudah matang, maka masyarakat setempat berbondond bonding membantu dalam proses pemanenan pohon rambutan.





0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews
Batman Begins Background